Tab Pages

Tuesday, February 24, 2015

BBI Opini Bareng : Tokoh Utama


klik gambar untuk info lebih lanjut


Salah satu faktor yang mempengaruhi penilaianku terhadap suatu cerita apakah bagus atau tidak, adalah karakter tokoh utama cerita tersebut. Nggak sedikit lho cerita yang sebenarnya bagus, akan tetapi karena karakter tokoh utamanya nggak begitu kuat atau bahkan menjengkelkan, pembaca jadi bosan dan bahkan memberikan rating yang nggak begitu bagus terhadap cerita tersebut. Karakter tokoh utama juga mempengaruhi semangat dan moodku untuk membaca, kalau aku suka dengan tokoh utamanya, baik Hero maupun heroinnya, aku bisa membaca cerita tersebut tanpa henti..!!

Jadi, dalam kesempatan BBI Opini Bareng dengan tema Tokoh Utama ini, aku ingin membagi karakter Hero dan heroin yang aku sukai, yang membuatku semangat buat membaca alias mood buster-ku.

Karakter tokoh utama Pria (Hero) yang aku sukai :
  • Alpha Male - It's absolutely make me scream "kyaaaaa..!!" Siapa sih yang nggak suka dengan karakter Hero yang tangguh, maskulin, berjiwa pemimpin, dll. 
  • Cool - Pendiam, jarang ngomong tapi sekalinya ngomong pedes gimana gitu. Wah ini tipe pria yang mainstream disukai banyak cewek deh pokonya.
  • Imperfect/disfigured/disabled Hero - Scars are sexy..!! Siapa bilang Hero yang memiliki luka, atau wajahnya mungkin nggak tampan, itu nggak menarik ? Malahan bikin penasaran dengan sikap menutup diri yang diakibatkan dari rasa minder akan lukanya. 
Tokoh Utama Pria favoritku : Sir Ross Cannon - Lady Sophia's Lover by Lisa Kleypas, Anthony Blake - A Gentleman’s Honor by Stephanie Laurens, Sir Alistair Munroe - To Beguile a Beast by Elizabeth Hoyt (sebenarnya masih banyak lagi.. hehehehe..)

Karakter tokoh utama Wanita (heroin) yang aku sukai :
  • Though Woman - Aku suka karakter wanita yang tangguh dalam artian tabah dan kuat menghadapi cobaan, mungkin gunjingan atau cibiran dari orang lain. Wanita yang mandiri, apalagi yang peduli dengan keluarganya. Great karakter menurutku.
  • No man no cry - yep, saya suka karakter wanita yang tidak mengemis cinta dari seorang pria. Bukan tipe wanita yang terlalu dibutakan oleh cinta sehingga TSTL (too-stupid-to-life) dan mau melakukan apa saja demi cinta. Bleh..!!
  • Smart - Cerdik, cerdas, membuat karakternya tidak membosankan. Biasanya tipe karakter begini awalnya membuat para Hero geregetan tapi meleleh juga karena kecerdikan si heroin. 
Tokoh Utama Wanita favoritku : Lily Lawson - Then Came You by Lisa Kleypas, Helen Fitzwilliam - To Beguile a Beast by Elizabeth Hoyt, Anna Wren - The Raven Prince by Elizabeth Hoyt (and many more.. )

Di atas adalah poin-poin karakter tokoh utama yang aku sukai, lalu bagaimana dengan yang tidak aku sukai? Aku akan menyimpulkan karakter Hero dan heroin yang tidak aku sukai, yaitu :

  • terlalu manja dan childish, 
  • berbuat semaunya tanpa memikirkan perasaan orang lain alias egois, 
  • merasa dirinya yang paling oke alias over pede. 

Well, aku tidak menuntut karakter tokoh utama dalam cerita yang aku baca harus SEMPURNA, bahkan to-good-to-be-true, tapi aku tidak bisa mentolerir ketiga karakter atau sifat tokoh utama di atas. Moodku bakal turun drastis dan mulai ogah-ogahan buat membaca cerita tersebut.

Aku yakin kalian yang membaca post ini ada yang setuju dan tidak setuju dengan opiniku mengenai karakter tokoh utama, karena selera setiap orang pasti berbeda. Jadi karena itu, jangan ketinggalan buat ikutan BBI Opini Bareng bulan ini untuk berbagi opinimu mengenai tokoh utama.


10 comments :

  1. Saya membaca tulisan Mbak Meli yang tokoh perempuan kok malah teringat dengan salah satu jenis narkotika.. x)

    ReplyDelete
  2. Aku setuju banget sama tiga poin karakter yang tidak disuka. Terutama poin ke-tiga walaupun kadang aku bisa mentolerir yang over pede tergantung bagaimana cara si penulis mendeskripsikannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, kadang tipe cowo playboy, sok kecakepan gitu.. hahahaha.. tapi jarang lah ada tokoh utama yg kaya begitu..

      Delete
  3. aku juga paling sebel sama tokoh yang mau berbuat apapun demi cowok pujaannya, hihihi... kayak nggak punya kepribadian banget ya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang sampe bikin jengkel lho kak pas baca cerita kalo ada tokoh utama cewek kaya begitu.. ada satu cerita yang bikin aku illfeel, dimana si cewek rela ngelawan ortu dan nggak mau lanjut kuliah karena pengen menikah sama si cowo.. menurutku kurang bijaksana aja sih.. hehehehe,,

      Delete
  4. Dih, kok aku setuju sih sama tipe tokoh utama cowok yang Kak Meliana sebutin... tapi aku paliiiiiiiiiiiiiiiiing meleleh tuh kalau sama tipe yang kedua, yeee asem banget kalau nemu cowok kayak gini tuh, bikin jantung ga kuat aduududuhh. Yah contohnya tuh si Indra di Touche nya Kak Windhy, gila kalo ngomong pedes banget, tapi yaitu bikin meltingnya disitu ._. Kalau Ari nya Jingga Dan Senja - Kak Esti, sih menurutku dia masuk tipe yang ketiga ya, di bukuya yang kedua aduuuh masa lalu nya bener-bener 'agak serem untuk ukuran normal'

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. jadi kepengen baca Touche sama Jingga dan Senja.. thank you ^^

      Delete
  5. Suka dengan ulasan detai tentang hero dan heroin.

    Tapi kok buku terjemahan semua ya? Nggak ada yang dalam negeri mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum banyak membaca buku dalam negeri kak.. hehehehe..

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...